Umpan Tepat Mancing Ikan Ceplek aka Kakap Putih

Umpan Tepat Mancing Ikan Ceplek aka Kakap Putih - Ikan Ceplek yaitu sebutan untuk ikan Kakap putih di Jawa Tengah dengan berat pada 1 sampai 2 kg. Sesaat untuk bobot kurang dari 1 kg diberi nama Pelik serta baru yang mempunyai berat diatas 2 kg yang dimaksud Kakap. 

Umpan Tepat Mancing Ikan Ceplek aka Kakap Putih
Umpan Tepat Mancing Ikan Ceplek aka Kakap Putih

Ikan Ceplek ini penampilannya begitu gagah dengan sentakan yang kuat saat dipancing. Menghuni habitat di kedalaman laut pada 2 sampai 8 mtr., dengan basic berbentuk terumbu karang maupun rimba bakau dengan akar-akarnya yang malang melintang. Juga menempati rumpon yang ada di basic perairan. Mancing ikan Ceplek sangat menantang, perlawanan ikan waktu ditarik memberi satu sensasi sendiri. 

Daerah muara sungai yaitu spot paling cocok untuk mancing ikan Ceplek ini. Lantaran pada ruang tersebut biasanya ikan Ceplek berkumpul. Mancing ikan type ini bisa pagi ataupun sore hari. Apabila pagi hari lebih kurang jam 6 hingga jam 9, sedang di sore hari mulai jam 4 hingga jam 6. Tetapi kadang-kadang ikan Ceplek juga ingin menyambar umpan di siang hari lebih kurang jam 11 hingga jam 1 siang. 

Ikan Ceplek apabila dilihat dari permukaan air berwarna cokelat gelap atau agak kehitaman, tetapi apabila diangkat ada warna putih sedikit keperakan intinya di ruang perut. Ukuran optimal panjang badannya dapat meraih 170 cm sampai 200 cm dengan berat optimal yang pernah ada yaitu 50 kg. 

Mancing ikan Ceplek dengan kata lain Kakap putih sama seperti mancing ikan lain yakni membutuhkan kesabaran. Untuk beberapa pemancing, mereka mesti siap-siap kecewa bila tidak peroleh ikan meski berjam-jam telah nongkrong di bibir sungai maupun ikan yang menyambar umpan tetapi nyatanya lolos lagi meskipun beberapa kali sudah disentak. 

Mesti dapat memastikan waktu yang cocok sesuai sama kondisi air sungai tempat ikan Ceplek berkumpul. Pada kondisi spesifik umpamanya air sungai yang kelewat keruh setelah hujan, ikan Ceplek umumnya tidak demikian tertarik dengan umpan. Umpan tepat mancing ikan Ceplek biasanya digunakan udang hidup yang bisa dibeli bernilai murah. Umumnya umpan udang hidup ini dapat bertahan sebagian jam di air. 

Meski ikan Ceplek bisa dipancing menggunakan semua jenis perlengkapan memancing atau jadi hanya menggunakan handline umum, walau demikian untuk peroleh sensasi bertarung melawan ikan ini tambah baik menggunakan perlengkapan memancing kelompok enteng (light tackle) bersama senar ukuran 2 – 10 kg. 

Manfaatkan juga light spinning yang memiliki 2 hingga 12 roller bearing. Stick pancing yang dipakai biasanya memiliki ukuran 180 sampai 230 cm. Pakai joran memiliki bahan grafit yang tersambung dari atau dua tangkai, dengan kekuatan melekuk mulai tengah sampai ujung atau bisa juga memakai yang hanya melengkung di ujungnya saja untuk ukuran 6 sampai 10 kg.