Umpan Tepat Mancing Ikan Cakalang Memancing di Laut Lepas

Umpan Tepat Mancing Ikan Cakalang Memancing di Laut Lepas - Memancing masihlah jadi acara yang seru waktu mempunyai waktu senggang. Cukup membawa joran, umpan serta sedikit bekal segera saja dapat pergi ke tempat pemancingan. 

Umpan Tepat Mancing Ikan Cakalang Memancing di Laut Lepas
Umpan Tepat Mancing Ikan Cakalan

Apabila anda telah kerap memancing di sungai, empang, kolam atau kolam pemancingan berbayar, kenapa anda tidak coba memancing di laut? Aktivitas memancing di laut tantangannya begitu wow serta mengasyikkan. Bermacam spesies ikan laut bisa anda dapatkan di laut terlepas, yang populer salah satunya yaitu ikan Cakalang. 


Ikan Cakalang adalah ikan mengkonsumsi dengan keinginan tinggi. Indonesia telah lama mengekspor komoditas perikanan ini ke beragam negara di semua dunia intinya Jepang. Umum di jual berupa ikan fresh, beku maupun di proses jadi ikan kaleng. Ikan Cakalang sendiri yaitu sumber protein hewani yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang dibutuhkan oleh badan. 

Sebelumnya pergi mancing ke laut, paling utama sekali sediakan dahulu umpannya. Umpan tepat mancing ikan Cakalang sekurang-kurangnya ada dua yaitu sotong serta udang. Umpan Sotong atau cumi-cumi yaitu favorite untuk pemancing Cakalang. Dapat dipasangkan utuh dalam keadaan hidup atau dapat pula berbentuk potongan. Ada berbagai species sotong dari mulai gurita (octopus), sotong arus (cuttlefish), sotong pisang (squid) serta sebagian yang lain. 

Butuh di perhatikan dalam penyimpanannya, kerena sotong ini cepat jadi busuk. Karenanya pakai sotong fresh yang barusan di tangkap. Bungkus dengan kertas koran, sebagian ekor dalam satu bungkus serta lalu masukan dalam wadah termos diisi es yang dihancurkan. Setiap bungkus hanya diisi 3 hingga 5 ekor saja. 

Panduan Mancing Ikan Cakalang 

Bila perahu yang dipakai mempunyai wadah untuk menaruh umpan hidup, tambah baik umpan sotong hidup dimasukkan ke dalamnya. Walau demikian yang perlu diwaspadai, jangan pernah ada air laut yang masuk termasuk juga minyak. Bila anda mancing malam hari, sediakan lampu penerangan di wadah itu supaya sotong tidak mati. 

Umpan tepat mancing ikan Cakalang yang lain yang juga disenangi oleh angler yaitu udang. Dapat dipakai dalam keadaan utuh satu ekor dalam kondisi hidup maupun berbentuk irisan. Umpan ini lebih murah di banding memakai umpan sotong. 

Tetapi ikan Cakalang lebih suka pada umpan hidup dari pada umpan berbentuk potongan daging. Terkecuali dari ke-2 umpan tadi, umpan tepat mancing ikan Cakalang yang lain yang sering digunakan memancing ikan Cakalang ini adalah Lure (Stolephorus indicus), Tembang (Sardinella fimbriata) serta Rambeng (Stolephorus devisi, golden morph). Prinsip umpan untuk ikan Cakalang ini yaitu umpan itu memiliki ukuran yang agak kecil sekitar 5 sampai 7 cm, mempunyai badan mengkilat pada saat didalam air serta dapat berenang di permukaan air untuk menarik perhatian ikan Cakalang.