9 Kumpulan Bermacam racikan umpan ikan mas Yang Ampuh

Kumpulan Bermacam racikan umpan ikan mas Yang Ampuh - Pada halaman ini bakal menghadirkan bermacam racikan umpan tepat ikan mas, jika bebrapa rekanan pemancing memiliki racikan umpan ikan mas dengan suka hati kami memberikan di halaman ini, silakan emailkan racikan umpan bebrapa rekanan di comment situs (blog)/situs ini.

9 Kumpulan Bermacam racikan umpan ikan mas Yang Ampuh

Terlebih dulu penulis bakal berbagi inginalan tentang spesis ikan Mas serta rutinitas makan dari ikan mas :

Spesis Ikan Mas

Ikan Mas (karper, Common Carp) yang dikenal di Indonesia mempunyai nama latin Cyprinus Carpio dari keluarga Cyprinid. Common Carp yaitu strain asli Ikan Mas yang menguasai kehadiran ikan ini di perairan. Ikan Mas bisa hidup sendiri ataupun berkelompok di perairan tawar yang berlumpur.

Bentuk tubuh Ikan Mas biasanya yaitu agak gemuk dengan badan panjang membulat di bagian perut serta pipih dibagian ekor. Perbandingan panjang keseluruhan dengan tinggi badannya sekitar 2, 3 : 1 sampai 3, 5 : 1. Varian Common Carp ini bisa tumbuh lebih cepat terlebih di kolam budidaya berarus tengah. Warna menguasai pada badannya coklat keemasan, varian warna lain pada ikan mas yaitu kuning, merah, hitam, putih serta corak gabungan dari beberapa warna itu. Mulutnya bisa dilebarkan dengan susunan bibir lunak serta memiliki dua gunakan sungut. Sisi kepala tanpa ada sisik, sedang semua badan dipenuhi sisik agak besar.

Cyprinus Carpio Varian yang lain yaitu :
  1. Wild Carp, yang memiliki bentuk badan langsing memanjang dengan perkembangan badan yang lebih lambat serta pas dibudidayakan pada kolam budidaya berarus deras. 
  2. Mirror Carp, dicirikan oleh baris sisik yang cuma ada di punggung, sisi tengah tubuh ikan selama garis dorsal serta sisi perut. 
  3. Leather Carp, hampir semua badannya tak bersisik. 
  4. Kumpay (slayer), yang semuanya sirip di badannya lebih panjang dari varian lain. 

Pembudidayaan Ikan Mas sebagai ikan mengkonsumsi sudah lama dikerjakan oleh bangsa China mulai sejak 400 th. SM. Ikan yang datang dari daratan Asia ini penyebarannya rata di daratan Asia, Eropa, beberapa Amerika Utara serta Australia.

Campur tangan manusia dalam pemijahan sudah melahirkan banyak ras-ras Ikan Mas. Ikan Mas yang dikenal sebagai Koi yaitu juga Ikan Mas dengan macam ornament yang simpel. Serta beberapa pemijah yang mahir dapat menjaga indukan dari generasi ke generasi hingga bentuk serta warna Koi turunannya tak kembali seperti Ikan Mas (Common Carp)

Pembudidayaan Ikan Mas di Jawa, Sumatra serta daerah yang lain di Indonesia dikerjakan di empang, kolam budidaya modern, keramba apung pada danau atau waduk serta keramba air deras pada sungai. Untuk mempercepat perkembangan ikan mas pada kolam budi daya modern yaitu dengan memakai system air deras.

Berdasar pada literatur, Common Carp atau Ikan Mas bisa meraih berat 40 kg dengan panjang tubuh meraih 3 mtr.. Ikan ini tumbuh jadi dewasa serta memijah pada th. ke tiga serta bisa hidup sampai 50 th.. Tetapi di Indonesia Ikan Mas dengan berat di atas 10 kg telah susah diketemukan. Di Indonesia, Ikan Mas memiliki nama khas sendiri berdasarkan bentuk, warna serta lokasi penyebarannya seperti Karper, Lauk Mas, Mas Majalaya, Punten, Nyonya, Kaca, Kancra Domas, Kumpay, Lokal, serta lain sebagainya. Saat ini ikan mas jadi satu diantara spesis ikan air tawar yang paling popular jadikan tujuan pancing pada beberapa tempat spesial mancing atau yang umum dimaksud kolam pemancingan

Rutinitas Makan Ikan Mas

Tiap-tiap hewan mempunyai perilaku (behavior) yang tidak sama. Pada ikan, terutama Ikan Mas, terkecuali mengetahui spesis, perkembangbiakan serta habitat jadi rutinitas makan (feeding habit) penting juga untuk di ketahui, lantaran pengetahuan ini bakal jadi panduan untuk pemancing dalam memastikan umpan, tahu saat makan, selera makan dsb.

Ikan Mas masuk kelompok omnivora serta begitu rakus. Ia suka mengaduk-aduk basic perairan untuk mencari makan. Makanan alaminya mencakup tumbuhan air, lumut, cacing, keong, udang, kerang, larva serangga serta organisma yang lain yang ada di perairan baik yang ada pada basic perairan, pertengahan ataupun permukaan air.

Sedang pakan buatan dikenalkan oleh manusia pada Ikan Mas di kolam budidaya, kolam pancing serta pada beberapa tempat di mana manusia buang sisa makanan. Pakan buatan (umpan) di buat manusia lewat cara mengikuti aroma atau bentuk dari pakan alami.

Langkah makan ikan ini cukup unik yaitu dengan buka mulutnya lebar-lebar serta lalu menyedot makanannya seperti alat penghisap. Jadi umpan berstruktur lembut dengan bentuk partikel kecil begitu pas untuk Ikan Mas. Dalam keadaan nafsu makan yang tinggi, apa pun yang dia anggap makanan bakal dihisap lalu dicicipi serta yang bukanlah makanan bakal dibuang lewat cara disemburkan. Pastinya pola makan ini adalah panduan bernilai untuk pemancing ikan mas, lantaran begitu menolong dalam pendeteksian sambaran memakai pelampung serta menolong dalam memastikan titik lontaran.

Dengan cara insting, Ikan Mas memerlukan konsumsi makanan penambahan yang dibutuhkan badan untuk tumbuh serta berkembangbiak. Jadi terkecuali rasa lapar, pemenuhan keperluan gizi serta protein akan merangsang nafsu makan Ikan Mas. Serta diakui kalau makanan dengan kandungan protein tinggi mempunyai aroma wangi yang khas. Hingga umpan yang di buat berbahan kombinasi keju, susu, telur, mentega bakal begitu pas dipakai sebagai bahan umpan penambahan.

Ikan Mas condong galak mencari makan pada pagi hari waktu cahaya matahari menghangati perairan serta mendekati sore hari. Jadi bebrapa waktu itu dapat juga jadi referensi kapan Ikan Mas mencari makan.

Sedang sebagian aspek yang memengaruhi pola makan Ikan Mas yaitu kandungan oksigen pada air, tingkat keasaman, tingkat kejernihan air serta keadaan kesehatan ikan tersebut.

Nah, tadi sudah di terangkan tentang spesis serta rutinitas makan ikan, saat ini mari kita mengetahui sebagian bermacam racikan umpan ikan mas.

Och kita segera ke lapangan aza …..

Umpan Tepat Ikan Mas Kreasi 1

Bahan :

1 bungkus umpan basic merk bowo kuning atau merk yang lain bergantung daerah masing-masing 
2 sendok makan deho (kombinasi ikan tuna) 
100 gr ikan salmon (beli seharga Rp 5000) 
1 ons kroto 
6 buah telur puyuh (ambillah kuningnya saja) 
Essen pandan 2 tetes, essen tenggiri 1 tetes, essen nangka 1 tetes

Langkah mengolah :

Campur serta aduk ikan tuna, salmon, berikan essen pandan 2 tetes serta tenggri 1 tetes kemudian berikan serta aduk kembali umpan basic serta kuning telur puyuh (terkecuali kroto) , Aduk sampai rata 
serta berikan essen nangka 1 tetes. Setelah itu saat mancing bakal diawali kroto digabungkan setengahnya, serta setengahnya lagi di cocol.

Umpan Tepat Ikan Mas Kreasi 2

Bahan :

2 sendok makan tepung maizena 
2 sendok makan deho (kombinasi ikan tuna) 
100 gr ikan salmon (beli seharga Rp 5000) 
1 bungkus Santan kara 
1 potong keju craft 
1 sachet susu dancow putih 
1 ons kroto

Langkah mengolah :

Campur semuanya bahan (terkecuali ikan tuna, ikan salmon) 
Berikan santan seperlunya supaya tidaklah terlalu encer atau sangat kental 
Masukan adonan dalam plastik, lantas dikukus sekitaran 15 menit 
Tunggulah sampai dingin. 
Saat bakal di gunakan aduk serta campur kembali ikan tuna, salmon sampai rata. 

Umpan Tepat Ikan Mas Kreasi 3

Bahan :

250-300 gr Pelet ikan mas merk 308 atau merk bergantung daerah masing-masing 
2-3 irislah Pindang tongkol 
100 gr ikan salmon (beli seharga Rp 5000) 
2 buah biskuit merk nissin creakers 
1/2 ons kroto

Langkah mengolah :

Rendam pindang tongkol (ambillah sisi putinya saja) dengan air panas 10 menit kemudian tiriskan 
Campur dengan pelet serta remukkan biskuit 
Campur semuanya bahan sampai merata 
Cocol kroto dengan umpan bila anda bakal memancing

Umpan Tepat Ikan Mas Kreasi 4

Bahan :

1 bungkus umpan basic merk Pak ikin atau merk yang lain bergantung daerah masing-masing 
2 sendok makan deho (kombinasi ikan tuna) 
100 gr ikan salmon (beli seharga Rp 5000) 
3 cm mentega merk weijman 
1 ons kroto 
6 buah telur puyuh (ambillah kuningnya saja) 
2 cm (setara 2 pentul korek api) Perangsang atau atractan D13 atau Halco satu diantaranya saja

Langkah mengolah :

Campur serta aduk ikan tuna, salmon, Perangsang atau atractan D13 atau Halco satu diantaranya saja kemudian berikan serta aduk kembali umpan basic serta kuning telur puyuh, mrntega (terkecuali kroto) lalu Aduk sampai rata. Setelah itu saat mancing bakal diawali kroto digabungkan setengahnya, serta setengahnya lagi di cocol.

Umpan Tepat Ikan Mas Kreasi 5

Bahan :

½ kg Belut 
6 buah telur puyuh (ambillah kuningnya saja) 
100 gr ikan salmon (beli seharga Rp 5000) 
1 sachet susu dancow putih 
1 bungkus Santan kara 
1 potong keju craft 
1 ons kroto

Langkah mengolah :

Kukus ½ kg belut sepanjang 15 menit serta tiriskan 
Campur semuanya bahan (ikan salmon) serta tambahakan juga belut yang sudah ditiriskan 
Berikan santan seperlunya supaya tidaklah terlalu encer atau sangat kental 
Masukan adonan dalam plastik, lantas kukus semuanya bahan bahan sekitaran 15 menit (terkecuali ikan salmon) 
Tunggulah sampai dingin. 
Saat bakal di gunakan aduk serta campur ikan salmon sampai rata. 
Umpan siap gunakan.

Umpan Tepat Ikan Mas Kreasi 6

Beberapa bahan :

1 bungkus Pa Ikin 
1 Bungkus Djempol Amis 
250 gr Ikan salmon 
2 sendok makan ikan tuna Tuna merk Deho 
115 gr Keju Kraft 
3 Butir Telor Bebek mentah kuningnya saja 
1 bungkus Kroto 3 ons 
3 lembar Daun Pandan

Langkah mengolah :

Semuanya bahan digabung jadi satu terkecuali kroto serta daun pandan. Jus hingga halus, lantas berikan kroto serta aduk perlahan-lahan, supaya kroto tak hancur berantakan. input kedalam kantong plastik tahan panas bersama daun pandan. buat jadi 3 bungkus, serta kukus sepanjang 40 menit dengan di balik ketika telah 25 menit pertama. 

Umpan Tepat Ikan Mas Kreasi 7

Beberapa bahan :

1 bungkus Umpan jadi merk Bowo ukuran kecil (beli di toko umpan mancing) 
3 lembar keju Craft Chedar 
3 butir kuning telor bebek 
8 butir kuning telor puyuh rebus 
1/4 kaleng deho 2 sendok pelet tuna 
1 sendok makan minyak zaitun 
2 ons kroto segar

Langkah mengolah :

Campur umpan Bowo, keju, kuning telor bebek, tuna kaleng, pelet tuna, minyak zaitun, telur puyuh dalam baskom umpan mancing. Aduk sampai betul-betul rata, lalu dimasukkan kedalam kantong plastik bening serta kukus sepanjang 1/2 jam. Untuk amisnya, haluskan pindang tongkol berbarengan daging Nila (kukus/rebus). Berikan cocolan kroto ketika mancing ikan mas.

Umpan Tepat Ikan Mas Kreasi 8

Beberapa bahan :

6 butir kuning telor bebek 
1 saset susu dancow 
1 bungkkus indomie 
2 helai pandan 
1 bungkus kinoy 
5 tetes vanila esen/2 saset vanila kristal

Langkah Mengolah :

Campur semuanya bahan serta haluskan memakai jus. Masukan adonan dalam kantong plastik. Sisipkan daun pandan. Kukus adonan pada api kecil sepanjang 1 jam. Bila sangat lembek, campur kinoy sedikit untuk sedikit waktu bakal digunakan.

Umpan Tepat Ikan Mas Kreasi 9

Beberapa bahan :

6 butir kuning telur bebek 
2 sachet susu Dancow (cairkan dgn 150 cc air panas) 
2 sdm madu asli 2 kaleng tuna Deho 
2 kotak kara kecil 
1/2 batang keju craft 250 gr 
4 sachet vanili kristal 
4 bungkus katulampa (sbg perekat serta pengeras) 
2 ons kroto super

Langkah mengolah :

Campur semuanya bahan, aduk rata serta kukus pada api kecil sepanjang 25 menit. 
Sekianlah berbagi racikan umpan tepat yang penulis lampirkan, jika beberapa rekanan pemancing memiliki racikan umpan yang lain dengan suka hati penulis bakal memberikan di situs (blog) ini untuk menyemarakkan pemancingan ikan mas serta dokumentasi racikan umpan ikan mas.