Gabungan Umpan Tepat Mancing Ikan Cakal Jitu

Gabungan Umpan Tepat Mancing Ikan Cakal Jitu - Ikan Cakal yang popular didunia dengan sebutan Giant Trevally (GT) yaitu tujuan perburuan paling utama di sebagian negara. Ikan Cakal adalah ikan karang yang begitu kuat, ganas serta agresif. Termasuk juga dalam keluarga besar ikan Tuna termasuk Giant Kingfish, Pacific Jack Fish, Goyan Fish, Lowly Trevally, Barrier Trevally, Ulua di Hawaii, Mamulan di Marianas, ronin-aji di Jepang serta GT di Australia. Sentakan ikan Cakal yang kuat saat memangsa umpan jadi pengalaman mengasyikkan sendiri untuk kelompok pemancing. Umpan tepat mancing ikan Cakal dapat bisa berbentuk umpan alami ataupun umpan buatan. Umpan alami berbentuk udang tanpa ada kulit, udang hidup, sotong, ikan belanak kecil serta potongan daging belut. 

Gabungan Umpan Tepat Mancing Ikan Cakal Jitu
Gabungan Umpan Tepat Mancing Ikan Cakal Jitu

Ikan Cakal suka ada di perairan pantai dengan adanya banyak karang serta sebagai peradator di habitat terumbu karang siang serta malam. Ciri-ciri ikan ini saat makan yaitu menyambar mangsanya di permukaan air. Karenanya begitu bagus apabila memancing menggunakan umpan atas (poper) serta tehnik popping. Puncak kehadiran ikan Cakal biasanya pada Maret-April serta Oktober-November. 

Ada satu lagi umpan tepat mancing ikan Cakal berbentuk umpan buatan dari plastik kepingan CD yang tidak terpakai. Kepingan CD dibuat mirip badan ikan yang bakal berkilauan apabila terserang sinar matahari. Kemilau ini bakal diduga oleh ikan Cakal sebagai mangsanya.

Langkah membuatnya tidak sulit. Setelah dibuat mirip badan ikan, setelah itu lubangi ujung atas bawah serta berikan mata kail di ke-2 lubang tadi. Di satu diantara ujung, bisa diberikan kili-kili. Umpan buatan ikan Cakal siap dipakai. 

Umpan type poper yaitu pilihan paling baik mancing di perairan terumbu karang. Untuk warna serta bentuk poper bakal juga memengaruhi berhasil tidaknya memancing ikan Cakal ini. Sebagian angler lebih sreg warna poper yaitu merah serta putih yang paling cepat dimangsa ikan ini. Tetapi sebagian penghobi mancing ada pula yang menyakini gerakan menyentak poper-lah yang bikin ikan tertarik menyambar umpan. Di setiap spot memancing sesungguhnya memiliki type ikan dengan ciri-ciriistik yang tidak sama. Maka dari itu kita mesti bikin gabungan warna, bentuk serta gerakan saat menghentak poper untuk hasil optimal. 

Sedikit pengetahuan mengenai siklus hidup ikan Cakal : mereka bertelur dengan menuju ke muara sungai. Menetaskan telurnya serta anak tinggal di muara sungai sembari menyesuaikan dengan salinitas air laut yang tinggi. 

Ikan Cakal ukuran medium umumnya berenang di habitat pantai karang sesaat yang ukuran besar berdiam di terumbu karang hingga waktunya memijah untuk kembali pada muara sungai. Ikan Cakal ukuran besar dapat meraih berat sampai beberapa puluh kg. Sebelumnya memancing, tetapkan dahulu spot paling baik di antara bebatuan karang di tepi pantai, dapatkan tempat yang nyaman sekalian diprediksikan banyak berkeliaran ikan Cakal ini.